Untuk membuat
tabel, ikuti langkah-langkah dibawah ini:
1. Klik
tab insert
2. Klik
table
3. Arahkan
kursor ke area table di sebelah kanan atas, kemudian geser kursor ke arah kanan
bawah dan tentukan jumlah kolom serta baris yang anda butuhkan, lalu klik mouse
anda untuk membuat tabel
4. Selain
cara diatas, anda juga bisa membuat tabel dengan cara lain, yaitu dengan cara
klik tab insert >> table >> insert table >> isikan jumlah
kolom dan baris yang anda kehendaki >> ok
5. Anda
bisa mengatur lebar maupun tinggi tabel dengan cara meletakkan kursor pada
garis tabel, kemudian klik dan tahan mouse anda, lalu geser kursor untuk
merubah lebar maupun tinggi tabel sesuai dengan kehendak anda
6. Anda
juga bisa menyisipkan kolom atau baris ke dalam tabel yang sudah anda buat.
Untuk menyisipkan kolom, letakkan cursor anda diatas sebuah kolom sehingga
kursor anda berubah menjadi tanda panah hitam >> tandai kolom tersebut
>> klik kanan >> pilih insert >> klik insert column to the
left untuk menyisipkan kolom di sebelah kiri dari kolom yang ditandai tadi atau
klik insert colum to the right untuk menyisipkan kolom di sebelah kanan dari
kolom yang ditandai tadi.
Selain cara diatas, anda juga bisa menggunakan cara
berikut untuk menyisipkan kolom tambahan kedalam tabel anda. Arahkan kursor di
atas sebuah kolom sehingga kursor berubah menjadi tanda panah hitam >> tandai
kolom tersebut >> klik tab layout
>> klik insert left untuk
menambahkan kolom disebelah kiri atau klik insert right untuk menambahkan kolom
di sebelah kanan
7. Hal yang sama juga bisa anda lakukan untuk
menyisipkan/menambahkan baris. Yaitu dengan cara: arahkan kursor anda di
sebelah kiri dari sebuah baris sehingga kursor berubah menjadi tanda panah
hitam >> tandai baris dengan cara klik dan tahan kursor kemudian geser
lalu lepas >> klik kanan pada baris yang sudah anda tandai tadi >> pilih insert >>
klik insert row above untuk menambahkan/menyisipkan baris di atas baris yang
sudah anda tandai tadi, atau klik insert row below untuk menambahkan/menyisipkan
baris di bawah baris yang sudah anda tandi.
Anda juga bisa menggunakan cara
lain untuk menambahkan/menyisipkan baris. Yaitu dengan cara menandai baris dari
tabel anda >> klik tab layout >> klik insert above untuk
menyisipkan baris di atasnya atau klik insert below untuk menyisipkan baris di
bawahnya
MEMBUAT TABEL
Untuk membuat
daftar isi otomatis, ikutilah langkah-langkah berikut:
1.
Pada
microsoft office word, pilik tab references
2.
Klik
table of contents
3.
Pilih
automatic table 1 atau automatic table 2 untuk membuat daftar isi otomatis
4.
Anda
bisa mengganti teks table of contents atau contents menjadi daftar isi
5.
Untu
mengisi table of contents, seleksilah/pilihlah teks judul yang ingin dimasukkan kedalam
daftar isi kemudian pergi ke tab home dan rubah stylenya menjadi heading 1
6. Kemudian
klik tabel of contents tadi >>update table >> update entire table
>> ok. Maka teks judul yang anda seleksi tadi akan otomatis muncul dalam
daftar isi
7. Untuk membuat sub judul dari judul utama tadi, anda
bisa menggunakan style heading 2
8. Kemudian update kembali daftar isi seperti langkah nomor 6. Maka posisi sub judul (heading 2) akan lebih menjorok ke dalam seperti gambar di bawah ini
No comments :
Post a Comment