Saturday, May 21, 2016

SUM, SUMIF, COUNT, COUNT IF, Copy Rumus dan Sel Absolut



SUM

Fungsi SUM digunakan untuk melakukan penjumlahan



SUMIF

Fungsi SUMIF digunakan untuk melakukan penjumlahan data pada suatu range dengan kriteria tertentu



COUNT

Fungsi COUNT digunakan untuk menghitung jumlah sel pada suatu range yang berisi angka


COUNTIF

Fungsi COUNTIF digunakan untuk menghitung jumlah sel dengan kriteria tertentu pada suatu range



COPY RUMUS

Untuk mempercepat penulisan, kita bisa mengcopy rumus yang sama dalam excel dengan cara:
     1.       Tandai sel yang berisi rumus yang akan dicopy
     2.       Arahkan kursor ke bagian pojok kanan bawah sel sehingga kursor berubah menjadi tanda positif/plus
     3.       Kemudian drag kursor tersebut sampai sel yang dikehendaki



SEL ABSOLUT

Saat kita mencopy rumus, terkadang kita menghendaki agar suatu sel atau range tidak berubah alamatnya. Jadi kita membutuhkan sel tersebut agar alamatnya tetap saat kita melakukan copy rumus. Sehingga kita perlu mengunci sel atau range tersebut agar alamatnya tidak bergeser. Untuk mengunci sebuah sel atau range, tambahkan tanda dollar sebelum kolom dan baris. Misalnya kita ingin mengunci sel B2, maka tambahkan tanda dollar didepan kolom B dan didepan baris 2, menjadi $B$2. Jadi sel B2 akan terkunci dan tetap pada posisinya saat kita melakukan copy rumus.

No comments :

Post a Comment