Berikut ini adalah langkah-langkah membuat surat. Sebelum membahas
langkah-langkah membuat surat, sebaiknya kita memunculkan dahulu text
boundaries. Dengan adanya text boundaries, kita akan mengetahui batas area
ketik sehingga memudahkan kita untuk membuat surat. Tapi, memunculkan text
boundaries ini hanya option saja. Kalau memang merasa terganggu dengan adanya
text boundaries, maka sebaiknya langkah ini dilewati saja.
*disini saya menggunakan microsoft office word 2010
Langkah memunculkan text boudaries.
1. Buka
microsoft office word
2. Klik
pada tab file. Maka akan muncul tampilan berikut:
3. Setelah
itu klik option. Akan muncul jendela baru
4.
Klik
pada menu advanced disebelah kiri. Kemudian scroll ke bawah
5.
Pada
menu show document content, berilah tanda check/centang pada tulisan show text
boundaries
6.
Klik
ok. Maka muncullah text boundaries
Untuk membuat surat, aturlah ukuran kertas dahulu. Untuk mengatur ukuran
kertas, pilih tab page layout
1.
Klik
tab page layout
2.
Untuk
mengatur ukuran kertas, klik menu size
3.
Pilih
ukuran kertas A4
4. Untuk
mengatur margin, klik margin, kemudian pilih custom margin
5.
Set
margin dengan ketentuan top: 4, bottom: 3, left: 4, dan right: 3
6.
Klik
OK
Mulai membuat surat
1. Buatlah
header surat sebagai identitas instansi pembuat surat dengan cara klik 2 kali
pada bagian atas dokumen. Maka akan muncul tulisan header di sebelah kiri
dokumen. Silahkan ketikkan nama instansi anda, alamat instansi, nomor telepon,
kode pos dan lain-lain.
2.
Anda
bisa mengubah jenis font, merubah ukuran font, warna font, dan lain sebagainya
pada tab home
3. Anda
juga bisa menambahkan gambar atau logo dengan cara klik tab insert >>
picture >> pergi ke direktori dimana anda menyimpan gambar/logo >>
pilih gambar/logo >> klik insert
4. Untuk
menambahkan garis sebagai pembatas antara header dan isi surat, klik tab insert
>> shapes >> pilih line >> gambarlah garis. Agar garis bisa
lurus, tekan dan tahan tombol shift sambil menggambar garis. Cara ini bisa
membantu anda menggambar garis lurus. Anda bisa mengatur ketebalan garis dengan
cara klik tab format >> shape outline >> weight >> pilih
ketebalah yang anda inginkan
5.
Jika
sudah selesai membuat header, klik pada bagian tengah dokumen untuk mulai
membuat isi surat. Anda bisa menggunakan beberapa tool. Tool bold untuk membuat
tulisan tebal. Tool underline untuk membuat tulisan bergaris bawah, tool italic
untuk membuat tulisan miring. Anda juga bisa mengatur paragraf menjadi rata
kiri, tengah, kanan, serta rata kiri dan kanan
6.
Jika
selesai membuat surat, klik tab file >> pilih save as >> ketikkan
nama dokumen anda >> pilih direktori dimana anda akan menyimpan dokumen
anda >> klik save
7.
Selesai
MEMBUAT COVER
Untuk membuat
cover, prosesnya hampir sama dengan cara membuat surat, bahkan lebih mudah.
Langkah pertama yaitu tentu membuka program MS office. Aturlah ukuran kertas
dan margin pada tab page layout.
1.
Klik
tab page layout
2.
Untuk
mengatur ukuran kertas, klik menu size
3.
Pilih
ukuran kertas A4
4.
Untuk
mengatur margin, klik margin, kemudian pilih custom margin
5.
Set
margin dengan ketentuan top: 4, bottom: 3, left: 4, dan right: 3
6.
Klik
OK
7.
Setelah
selesai mengatur ukuran dan margin, mulailah membuat cover
8.
Anda
bisa menggunakan beberapa tool. Tool bold untuk membuat tulisan tebal. Tool
underline untuk membuat tulisan bergaris bawah, tool italic untuk membuat
tulisan miring. Anda juga bisa membuat teks menjadi rata kiri, tengah, kanan,
ataupun rata kiri dan kanan
9.
Jika
selesai membuat cover, klik tab file >> pilih save as >> ketikkan
nama dokumen anda >> pilih direktori dimana anda akan menyimpan dokumen
anda >> klik save
Selesai
No comments :
Post a Comment